Car Condition

Model Year

Maker

Body type

Price range

CMC Bandung 7 460x306 Motor Lipat Unik dari Bandung
BANDUNG (DP) — CMC (Ceper Motor Club) Bandung memamerkan sebuah kreasi sepeda motor lipat hasil modifikasi salah satu anggotanya yang terbilang unik. Berbasis Honda Kharisma keluaran 2005 dan dikerjakan selama hampir 3 bulan.
Rangka sepeda motor bisa dilipat-lipat hingga ban depan ke samping jok. Karena dibuat ceper, tangki BBM diletakkan di bawah jok, tepat di atas ban belakang. Sementara, knalpot dibuat meliak-liuk hingga membentuk bintang pada ujung belakangnya. Lubang pembuangan dicabangkan menjadi dua lubang pembuangan. Swing arm ditutupi dengan pelat bercat biru. Body-nya didominasi dengan kelir biru.
Adalah Budi V-bell’s yang menjadi modifikatornya. Ide awal muncul dari Muhamad Tiar Pratama (Tiar ) sebagai pemilik Kharisma. Dia realisasikan dengan beberapa ide yang ditambahkannya sendiri.
“Pertama saya merasa bosan dengan modikasi motor ceper biasa yang sering dijumpai. Saya sering lihat-lihat di internet tentang modifikasi, namun masih bingung dengan apa yang harus diubah pada sepeda motor saya,” kenangnya.
“Saat saya melihat mocep (motor ceper) teman dan sepeda yang bisa dilipat-lipat, terlintas dalam pikiran saya untuk memodifikasi mocep saya dengan modifikasi ekstrim sepeda motor lipat, karena saya ingin terlihat aneh dan bikin heran orang-orang lain. Lagipula di Bandung belum ada sepeda motor seunik ini, lho,” promosinya.
Kesulitan yang dihadapi dalam proses modifikasi menurut Budi, adalah pembuatan penahan pada lekukan yang akan dilipatnya. Karena pada lekukan itu harus dibuat penahan yang kuat agar tidak mudah lepas pada kondisi normalnya. Sepeda motor lipat ini dapat juga dipakai harian.
Untuk memuaskan hasratnya ini Tiar merogoh kocek Rp 1,5 juta. Bengkel modifikasi V-bell’s, yang menjadi bengkel CMC.
CMC Bandung merupakan klub yang menyukai sepeda motor ceper. CMC Bandung digunakan sebagai wadah untuk menambah persaudaraan di kalangan para pecinta mocep.
CMC berdiri pada 12 januari 2002 dengan nama Creative Motor Club. Namun disahkannya secara resmi menurut AD/RT tertanggal 12 Januari 2003 dan berganti nama menjadi Ceper Motor Club Bandung.
Beranggotakan 150 orang dengan alamat sekertariat di Jalan Muararajeun Lama No. 9, Bandung. CMC biasa mengadakan kopdar (kopi darat) di daerah Dago, tepatnya di depan toko La Bele. Bengkel-bengkel andalan CMC, yakni V-bell’s, FCB (Fiat Concept Bike), WS_CUSTOM dan ML-77. [dp/Kuh]




Leave a Reply